Danramil 1205-16/Belimbing Kawal Dinas Pertanian dan Peternakan Melawi Gelar Vaksinasi Hewan

 

MELAWI.BORNEOTRIBUN.COM - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Melawi melaksanakan Sosialisasi Bahaya Gigitan anjing dan penyuntikan vaksin Rabies Hewan Piaraan anjing dan kucing di Desa Beloyang Kecamatan Belimbing di kawal langsung oleh Danramil Belimbing, KaSubsektor dan Kepala Pukesmas, Tiong Keranji,Rabu (23/06/2021).



Kabid Peternakan Dinas Pertanian, Tatik mengatakan Vaksinasi Rabies ini dilakukan guna mencegah penyebaran penyakit rabies di Kabupaten Melawi.

Untuk mencegah dan menanggulangi terjadinya kasus gigitan anjing gila ini, Bidang Peternakan Dinas Pertanian menggelar kegiatan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Zoonosis Rabies Kantor Desa Beloyang, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Melawi.




Dalam kegiatan ini sejumlah narasumber dihadirkan untuk memberi pemahaman yang baik kepada masyarakat. Narsumber ini berasal dari Dinas Pertanian Kabupaten Melawi dan Dinas Kesehatan dari Puskesmas Tiongkranji.


Kepala Pukesmas Tiongkranji Yati Sopiati,Spd menjelaskan menurut data yang didapat dari Kepala desa Jumlah Anjing yg terdata sebanyak 114 ekor. untuk Jenis vaksin yang akan di suntikan yaitu Rabisin dan Jumlah anjing yang berhasil  di suntik vaksin sebanyak 83 ekor. Kendala Dilapangan anjing nya susah di pegang, serta Jumlah kucing yang di vaksin 50 ekor.

“Acara ini bertujuan untuk menyosialisaskan kepada masyarakat tentang zoonosis Rabies, upaya pencegahan, penyebaran dan pengendaliannya, melalui materi ajaran, pre dan post test, penayangan materi, serta penyebaran media KIE lainnya melalui leaflet dan spanduk,” ujar Yati Sopiati,Spd.



PJ Danramil 1205-16/Belimbing Pelda Suki Widodo berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam mencegah penyebaran dan mengendalikan penyakit rabies sehingga kejadian kasus rabies di Kecamatan Belimbing dapat diminimalisir dan dicegah.


Kasi Kesra Kecamatan Belimbing Yosep Mengatakan Antusiasme warga terlihat pada pelaksanaan vaksin rabies ini, warga yang datang pun terlihat dari berbagai kalangan. Dihimbau kepada seluruh masyarakat agar menjaga dan merawat binatang peliharaannya di kandang atau pekarangan masing-masing. Hal tersebut dilakukan agar hewan tidak mengganggu warga lainnya dan menghindari kontak dengan anjing pembohong yang berpotensi menyebarkan rabies.


Kepala Desa Beloyang Marjitan mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian Pemda khususnya dinas pertanian dan peternakan yg telah datang lengkap dengan Team dokter hewan untuk mencegah penyebaran rabies di desa Beloyang, dan juga sangat bangga bahwa kegiatan ini dikawal langsung oleh Danrami,Babinsa ,KaSubsektor,dan didampingi oleh Kapukesmas.


Turut hadir dalam acara tersebut Kasi Kesra Kecamatan Belimbing Yosep, PJ Danramil 1205-16/ Belimbing Pelda Suki Widodo, KASUBSEKTOR Polres Melawi Iptu Saiful Anwar, Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan Jhonly, Kabid Peternakan Dinas Pertanian Tatik, Kepala Desa Beloyang Marjitan, Dokter Hewan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama Serta Masyarakat.


Penulis : Erik.P

Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini