TAGLINE: #PemkabMelawi #TNI-POLRI

Puskesmas Tiongkranji Lakukan Vaksinasi Dosis Ke Dua Kepada Masyarakat


BORNEOTRIBUN.COM, MELAWI - Unit Pelaksana Teknis Daerah Puskesmas Tiongkranji Kecamatan Belimbing Hulu melaksanakan vaksinasi dosis kedua kepada masyarakat umum.


Camat Belimbing Hulu Agus Badrun mengatakan, pemberian vaksin dosis kedua bagi warga ini sangat penting agar kekebalan kelompok di masyarakat segera terbentuk untuk mencegah penularan Covid-19.


“Kita harapkan dengan vaksinasi ini, herd immunity bisa tercapai. Tapi sesuai petunjuk, walaupun sudah divaksin dua kali, tetap harus menjaga protokol kesehatan,” kata Agus Badrun kepada awak media Borneotribun.com.


Dengan adanya vaksinasi, tambah dia, harapannya masyarakat antusias mengikuti vaksinasi supaya tercapai target kekebalan kelompok lebih dari 70 persen sesuai yang ditargetkan pemerintah.


“Masyarakat tetap disiplin menerapkan prokes supaya rantai penularan bisa di putus dan pandemi segera berakhir supaya kehidupan bisa normal kembali,” harapnya.


Sementara itu, Kepala Puskesmas Tiongkranji melalui pelaksana vaksinasi, Yatik Widarini menuturkan, vaksinasi dosis kedua ini untuk sasaran Warga Masyarakat di Kecamatan Belimbing Hulu.


“Hari ini kita lakukan vaksinasi Dosis ke dua bagi yang melakukan vaksinasi Dosis pertama di tanggal 25 Juni 2021,” ungkapnya.


“Karena berkaitan dengan rensi vaksin yang kita butuhkan harus melalui pengajuan dulu, kalau mengikuti target pemerintah mudah-mudahan 29 Juli 2021 selesai untuk vaksinasi Covid-19,” ujarnya.


Ditambahkannya, secara teori vaksinasi Covid-19 akan membentuk kekebalan tubuh terhadap Covid. Imunitas tersebut akan terbentuk melalu proses penyuntikan dosis pertama untuk menumbuhkan respon tubuh terhadap Virus Covid.


“Dosis kedua memperkuat respon tubuh terhadap virus setelah 28 hari lebih dari dosis kedua baru akan terbentuk kekebalan tubuh, vaksinasi Covid tidak jaminan kita tidak tertular Covid, namun setelah tertular maka tubuh bisa melawan secara alami karena sudah ada imunitas, jadi untuk kita bebas dari penularan tetap penerapan prokes,” jelasnya.


Penulis : Erik.P

Tinggalkan Komentar

Back Next