Panen Perdana di Lahan Demplot KWT Cahaya Utara dan Kompas Raya Permai Desa Kompas Raya hasil Binaan dari Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L)


BORNEOTRIBUN.COM, MELAWI - Kelompok Wanita Tani (KWT) Cahaya Utara dan Kompas Raya Permai Desa Kompas Raya Kecamatan Pinoh Utara Kabupaten Melawi Panen Perdana Kangkung, bertempat di lahan Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Kompas Raya, Kamis (02/09/2021).


Panen Pedana Kangkung ini merupakan hasil usaha kerja keras KWT Cahaya Utara dan Kompas Raya Permai bersama TP-PKK Kabupaten Melawi dan Dinas Pangan dan Perkebunan, dalam memenuhi kebutuhan sayur keluarga secara mandiri, dan telah dirasakan manfaatnya.


Masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Cahaya Utara dan Kompas Raya Permai, telah berhasil memanfaatkan lahan kosong sebagai media bercocok tanam dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari khususnya tanaman sayuran, dan hasil Panen Perdana Kangkung tersebut di bagikan kepada para anggota kelompok.


Dimasa pandemi Covid-19 kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat karena dapat memanfaatkan waktu dirumahnya dengan bertanam sayuran yang dapat membantu kebutuhan keluarga. Ini terbukti pada Panen Perdana Kangkung di Lahan Demplot KWT Cahaya Utara dan Kompas Raya Permai Desa Kompas Raya.


Turut hadir pada kegiatan Panen Perdana Kangkung yaitu Ketua TP-PKK Desa Kompas Raya PONISAH,A.Md, Kepala Dinas Perkebunan dan Pangan Kabupaten Melawi Dr, Daniel, S.P. MM di wakili Sukardi, TP-PKK Kabupaten Melawi mewakili Riani Kurniati,S.Hut beserta Rombongan, Kepala Desa Kompas Raya Sahrani, S.A.P.




Ketua TP-PKK Desa Kompas Raya PONISAH,A.Md  mengatakan, kegiatan ini sangat positif terutama untuk ibu ibunya, karena sangat bermanfaat dibidang tanam menanam dan perkebunan karena efek kedepannya yang lebih baik, akan membantu perekonomian keluarga, bisa menambah silaturrahmi, keakraban dan kerjasama yang baik. “Dan saya berharap mudah – mudahan kegiatan Panen Perdana Kangkung ini merupakan gong awal kita supaya ada panen – panen selanjutnya yang lebih baik lagi. Jadi ibu – ibu ini bisa merasakan hasil tanam bersama, dan bisa percaya diri, bisa terampil, yang tadinya tidak tahu jadi tahu intinya semuanya bisa bermanfaat bagi masyarakat,” Kami sangat Berterimakasih atas Kunjungan dari TP-PKK Kabupaten Melawi dan Dinas Perkebunan dan Pangan.


Sementara Kepala Dinas Perkebunan dan Pangan Kabupaten Melawi Dr, Daniel, S.P. MM melalui Sukardi mengatakan, saya sangat berterimakasih atas undangan dari Ketua KWT Desa Kompas Raya dalam rangka untuk bersama – sama menyaksikan Panen Perdana Kangkung, dalam hal ini kami sangat bangga, KWT Cahaya Utara dan Kompas Raya Permai Desa Kompas Raya yang selama ini bergotong royong dan kerja kerasnya terwujud pula karya – karya berupa Panen Perdana Kangkung ini, sesuai arahan dari Dinas Pangan dan Perkebunan Kabupaten Melawi siap bersinergi, bekordinasi, berkomunikasi untuk menyebarkan informasi kepada Desa Kompas Raya. 


Kepala Desa Kompas Raya Sahrani mengatakan “Hari ini kita panen sayuran kangkung, Alhamdulillah hasilnya sangat baik dan ini membuktikan bahwa kita di Desa ini memiliki sumber daya alam yang melimpah dengan berbagai komoditas sayur-sayuran yang bisa tumbuh dengan mudah sehingga hal ini patut kita syukuri dan semoga masyarakat yang lain juga dapat memanfaatkan lahan pekarangannya dengan menanam berbagai jenis tanaman produktif".


Pihaknya berharap dengan panen perdana ini menuai tanggapan yang positif sekaligus menjadi percontohan untuk warganya. "Rencananya kami akan kembangkan lagi. Mulai ada sambutan positif dari warga yang meminta lahannya untuk kami manfaatkan juga". Ucapnya.


Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Melawi Ny Raisya Sarbina Dadi melalui Riani Kurniati,S.Hut menyambut baik dan mendukung sepenuhnya program ini, ia juga mengharapkan agar pemanfataan lahan pekarangan sebagai kebun mini dapat diaplikasikan oleh masyarakat.


Penulis : Erik.P



Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini