TAGLINE: #PemkabMelawi #TNI-POLRI

Sanggar Humaniora Kodim 1205/Sintang Rangkul Anak Usia Dini Upaya Pelestarian Seni dan Budaya



BORNEOTRIBUN.COM, MELAWI - Kodim 1205/Sintang bersama Sanggar Seni Budayanya terus melakukan pemberdayaan dalam upaya mengembangkan Sanggar Humaniora dengan terus merangkul dan melakukan pembinaan terhadap sanggar-sanggar yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Sintang, Senin (13/09/2021).


Serda Jumadi Prasetyo, selaku pimpinan Sanggar Humaniora saat di temui menerangkan, "disini kita menyiapkan wadah bagi penggiat dan pecinta seni, kita mencoba melakukan sesuatu yang mungkin masih belum dilakukan oleh sanggar lain. Kita coba berikan pelatihan kepada anak-anak usia dini, kita coba kenalkan dengan hal ini, agar harapannya, mulai dari usia dini ini anak-anak sudah mengenal dan mulai mencintai, sebagai sebuah upaya kita dalam pelestarian seni dan budaya," ungkapnya.


"Ya, kita mulai mencoba melakukan terobosan kepada anak-anak usia dini, untuk mulai mengenal dan mencintai seni budaya, karena kita tahu, penggiat sanggar yang sudah senior, juga semakin sibuk dengan sekolah dan pekerjaannya. Ini kita harapkan sebagai regenerasi yang sudah disiapkan sejak dini," tambahnya.


Lebih lanjut ia mengatakan, "Sanggar Humaniora akan terus berupaya eksis berperan mengembangkan sanggar seni dan budaya di Kabupaten Sintang ini dengan berencana menambahkan cabang kesenian di sanggar ini yakni, selain tari, teater, marawis, beladiri, kita juga berencana menambahkan Kasidah," ucapnya.


Ini masih dalam rencana, kita masih coba koordinasi keberapa pihak mengenai hal ini, terkait pelatih dan peralatan. Saya juga akan tetap menyampaikan dan berkoordinasi kepada Komandan Kodim, Bapak Letkol Inf Eko mengenai rencana dalam hal pengembangan ini, harapan saya selaku ketua Sanggar ini bisa terealisasi.


"Dalam melakukan pembinaan ini kita juga menginginkan sanggar dapat berkembang pesat, dan terus eksis, khususnya di Kabupaten Sintang ini, sehingga bila ada dari masyarakat Sintang yang ingin anak-anaknya untuk bergabung kita persilahkan, perlu saya tekankan juga bahwa kita tidak memberlakukan pungutan apapun dalam kepesertaan anggota Sanggar Humaniora ini, jadi seandainya akan mengikutsertakan anak untuk berlatih sanggar, paling tidak kita hanya melakukan pendataan diri," Pungkas Jumadi.


#pendim1205/Erik.P

Tinggalkan Komentar

Back Next