TAGLINE: #PemkabMelawi #TNI-POLRI

Wakil Bupati Melawi Buka Workshop Fasilitas Sinergi Program Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH)



BORNEOTRIBUN.COM, MELAWI - Wakil Bupati Melawi Drs. Kluisen hadiri dan membuka Workshop Fasilitas Sinergi Program Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten Melawi, di Kopi Dari Hati Jalan Juang KM. 1 Kamis (02/12/2021).


Dalam Workshop tersebut di hadiri Wakil Bupati Melawi Drs. Kluisen, Kepala UPT Wilayah Kabupaten Melawi Antoni Manik SH, M,Hum, Kepala Dinas Pangan dan Perkebunan Ir. Nahru M,Si, Sekretaris Dinas Pertanian Riani Kurniati, S. Hut, Ketua WWF Indonesia wilayah Kabupaten Sintang-Melawi Dedi Wahyudi serta undangan lainnya.




Dalam sambutannya Wakil Bupati Melawi Drs. Kluisen menyampaikan Apresiasi Atas Terselenggaranya Kegiatan ini, Diharapkan KPH Melawi dapat menjalin silaturahmi dan merangkul masyarakat serta Organisasi yang berfokus Terhadap Pelestarian Lingkungan Hidup.


Drs.Klusen berharap Melalui Kegiatan ini dapat terbangun keselarasan program untuk meminimalisir Terjadinya konflik dikawasan program dengan tetap memperhatikan akses masyarakat terhadap sumber daya hutan yang terdiri dari berbagai bentuk dan tipologi sesuai dengan kondisi sosial dan budaya masyarakat serta Harapan ekonomi masyarakat untuk memperbaiki kehidupannya.


Kepala UPT Wilayah Kabupaten Melawi Antoni Manik SH, M,Hum, menjelaskan navigasi pada hari ini adalah diinisiasi oleh WWF dan forum pembangunan berkelanjutan di mana program-program kegiatan yang ada di KPH ini dari mulai nanti Tahun 2022 sampai tahun depan kita kolaborasikan bersama teman-teman di Kabupaten Melawi. Akan memberikan sumbangsih sumbangsih mendukung KPH melalui untuk melakukan kegiatan-kegiatan pengelolaan dalam rangka perekonomian masyarakat dan pembangunan berwawasan lingkungan. Dengan adanya kegiatan ini kita sangat menyambut positif serta tetap mendukung Pemerintah Kabupaten Melawi, dan juga kita bisa meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat. 


Salah satu Organisasi World Wild Life Fund for Nature (WWF) Indonesia wilayah kabupaten Sintang-Melawi yang di pimpin oleh Dedi Wahyudi, menjelaskan WWF untuk pengembangan program kehutanan termasuk peningkatan kapasitas masyarakat termasuk organisasi masyarakat sipil dan juga bekerja dalam hal-hal terkait advokasi.


Kegiatan hari ini kita memfasilitasi workshop sinergisitas dan kolaborasi dalam konteks pengelolaan kawasan KPH di Melawi. melalui kegiatan ini sengaja kita lakukan atas dasar diskusi dengan Mitra kita, ucap Dedi.


Kepala Dinas Pangan dan Perkebunan Ir. Nahru M,Si, mengatakan Pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten Melawi khususnya dinas pangan dan perkebunan itu sangat mengapresiasi kegiatan fasilitasi Sinergi program kesatuan pengelolaan hutan ini.


Program pemanfaatan pekarangan saat ini ada 45 desa yang sudah melaksanakan kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan dengan pola penanaman sayur, yang dilakukan oleh kelompok-kelompok masyarakat ada kelompok rusuk wanita, kelompok wanita Tani kemudian ada kelompok yang gabungan antara ibu dengan petani laki-laki, jelas Kepala Dinas Pangan dan Perkebunan Kabupaten Melawi.


Penulis : Erik.P



Tinggalkan Komentar

Back Next