#PemkabMelawi #TNI-POLRI

Biar Aki Gak Tekor, Begini Tips Aman Isi Daya HP di Motor

Biar Aki Gak Tekor, Begini Tips Aman Isi Daya HP di Motor

Sumber: https://pixabay.com/id/photos/baterai-aki-motor-asam-baterai-2490108/


Borneo Tribun -- Banyak orang yang sekarang lebih memilih motor yang sudah dilengkapi dengan fitur charging HP. Adanya fitur ini memang sangat membantu terutama jika sedang kehabisan baterai handphone dan ingin segera mengisi daya. Padahal melakukan charging di motor, bisa menyebabkan aki tekor. Untuk menghindarinya, ada tips charge HP di motor yang akan membantu untuk menghindari aki cepat rusak.


Inilah Cara Aman Dalam Mengisi Daya Hp di Motor

Perlu untuk diketahui bahwa motor yang memiliki fitur charge HP, pemasok energi utama yang digunakan adalah aki motor. Jika Anda tidak melakukan charging dengan bijak dan tepat, aki justru cepat rusak dan Anda harus menggantinya.


Untuk menghindari masalah aki cepat rusak, berikut adalah beberapa tips charge HP di motor yang bisa Anda coba.


1. Menggunakan Charger Asli

Gunakan perangkat charger asli apabila Anda ingin melakukan charging daya smartphone menggunakan aki motor. Charger yang tidak sesuai, bisa menyebabkan arus listrik yang keluar tidak sesuai dengan yang semestinya.


Jika Anda memang memiliki motor dengan fitur charging seperti ini, belilah charger HP yang memang asli dan khusus untuk jenis HP yang Anda gunakan.


2. Charge HP Ketika Motor Menyala

Tips selanjutnya yaitu isi daya dalam keadaan motor menyala. Hal ini sangat penting dilakukan karena ketika motor sedang mati, HP akan menyedot daya yang tinggi pada aki.


Berbeda jika Anda mencharge HP dalam kondisi motor menyala. Pada saat motor menyala, sumber energi bukan hanya terfokus dari aki saja namun juga dari bahan bakar.


Cara ini cukup efektif untuk menghindari aki cepat rusak. Jika aki melemah, justru nantinya Anda akan mengeluarkan lebih banyak biaya untuk membeli aki baru. Jadi, penting sekali untuk mengikuti tips ini.


3. Matikan Hp Saat Mengisi Daya

Tips selanjutnya yang juga penting dilakukan adalah matikan HP saat mengisi daya handphone. Jika sedang dicharge, lalu Anda menggunakan HP atau menyalakannya justru ini memperlambat proses pengisian daya.


Pada akhirnya, daya yang diambil dari aki semakin besar. Semakin lama dan semakin banyak daya yang diserap dari aki, tentu dapat meningkatkan resiko kerusakan aki.


4. Hindari Charge HP Di Motor Terlalu Sering

Tips berikutnya adalah jika memang ingin melakukan charge HP di motor, pastikan jika hanya melakukan dalam kondisi darurat. Apabila ada tempat lain yang bisa digunakan untuk charging misalnya saja di sekolah, di rumah, di tempat kerja atau yang lainnya maka pilihlah tempat-tempat tersebut terlebih dahulu.


Terlalu sering melakukan pengisian daya di motor, akan sangat mempengaruhi kondisi aki. Jika aki melemah, Anda sendiri yang akan kerepotan karena motor menjadi sulit distarter, klakson tidak berbunyi, dan lain sebagainya.


Sebelum berkendara, lebih baik Anda memenuhi daya baterai HP terlebih dahulu. Jadi, Anda tidak terlalu sering mengisi daya di motor.


5. Tetap Membawa Powerbank

Tips lain yaitu ketika bepergian menggunakan motor Anda tetap harus membawa powerbank. Dengan membawa powerbank, Anda bisa memanfaatkannya terlebih dahulu. Baru jika ternyata powerbank sudah habis, Anda bisa menggunakan fitur charging pada motor.


Dengan selalu membawa powerbank, Anda tidak hanya merasa bergantung dengan socket pengisian daya HP pada motor Anda. Hal ini bisa secara efektif meminimalisir terjadinya kerusakan akibat terlalu sering mengisi daya di motor.


Motor dengan Fitur Pengisian Daya HP

Jika Anda ingin memilikimu motor dengan adanya fitur socket untuk mengisi daya HP, motor terbaik yang bisa dipilih adalah motor scoopy. Motor ini menjadi salah satu motor favorit anak kekinian karena memiliki desain yang trendy dan modern. Apalagi sekarang ditambah dengan fitur pengisian daya yang membuat motor ini semakin menarik.


Fitur charger pada Honda all new Scoopy kini semakin menarik dibandingkan dengan Scoopy lawas.


Pada Honda Scoopy terbaru, terdapat USB power charger yang modern sehingga pengguna tinggal mencolokkan kabel USB ke motor untuk mengisi daya handphone.


Daya maksimal yang keluar dari charger USB ini mencapai 2,1 Ampere dan tegangannya 5 Volt. Daya yang cukup besar dari charger USB motor Scoopy memungkinkan pengguna untuk bisa mengisi daya HP dengan lebih cepat.


Pada Scoopy lawas, terdapat colokan power outlet seperti pada mobil sehingga apabila ingin mengisi daya HP, Anda harus menggunakan adaptor USB.


Selain itu, daya maksimal yang dikeluarkan juga masih rendah yaitu hanya sebesar 1 ampere dengan tegangan 12 volt.


Jika Anda tertarik untuk membeli motor Scoopy model terbaru, kini bisa membelinya dengan mudah secara online melalui Blibli. Aplikasi ini sudah dipercaya oleh banyak masyarakat Indonesia karena memberikan pelayanan terbaik dan menyediakan produk-produk yang dijamin ori.


Membeli motor Scoopy di Blibli sangatlah mudah seperti ketika Anda berbelanja produk rumah tangga. Bahkan sekarang, Anda bisa membeli motor Scoopy secara kredit di aplikasi ini.


Tidak perlu merasa khawatir ketika berbelanja di Blibli karena produk yang dijual di jamin asli. Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan voucher belanja hingga jutaan rupiah.


Sekarang, kemudahan berbelanja ada di tangan Anda. Melalui Blibli, Anda tidak harus datang ke dealer untuk membeli motor impian. Hanya dari rumah saja, Anda bisa mendapatkan berbagai macam produk kebutuhan rumah tangga hingga kendaraan seperti motor Scoopy. Setelah memiliki motor Scoopy, jangan lupa ikuti tips aman charger HP di motor yang telah dibahas di atas ya. (*)


Ikuti Berita terbaru BorneoTribun Melawi di GOOGLE NEWS

Tinggalkan Komentar

Back Next