Jangan Kapok! Lakukan 5 Tips Lari untuk Pemula!

Jangan Kapok! Lakukan 5 Tips Lari untuk Pemula!
sumber gambar : pexels.com/daniel-reche

Jakarta -- Bagi pemula, olahraga lari menjadi pilihan untuk memulai rutinitas olahraga. Karena lari menjadi salah satu olahraga yang membakar kalori dengan maksimal.


Namun, lari bisa menjadi tidak maksimal atau malah cedera kalau larinya tidak tepat dan terlalu berlebihan. 


Walau terlihatnya lari sebagai olahraga yang paling mudah, tetapi akan berakibat fatal kalau misal salah postur,posisi, dan bahkan hingga pemilihan alas kaki yang digunakan saat lari akan sangat berpengaruh.


Terdapat persiapan, teknik berlari, dan beberapa tips yang lain yang dapat Anda perhatikan.


5 Tips Lari untuk Pemula agar Tidak Kapok

Persiapan kondisi fisik sebelum berolahraga lari perlu diperhatikan. Karena, persiapan lari secara fisik dan peralatan harus disiapkan secara maksimal agar tidak kapok jika baru mulai olahraga setelah sekian lama.


1. Cek Kesehatan Sebelum Memulai Olahraga

Ini menjadi sangat penting bagi Anda yang sudah lama tidak berolahraga, dan Anda ingin memulai olahraga kembali.


Maka, mengecek kesehatan perlu untuk Anda agar tahu kondisi fisik Anda untuk menyesuaikan kadar olahraga dan intensitasnya.


Hal ini menjadi perlu dilakukan apabila Anda adalah orang yang berusia 40 tahun lebih, memiliki riwayat diabetes, mengalami obesitas, dan turunan penyakit jantung. Maka, perlu agar olahraga lebih cerdas dan aman.


2. Melakukan Pemanasan Sebelum Lari

Untuk mengurangi resiko yang tidak diinginkan seperti cedera dan hal yang tidak diinginkan lainnya, Anda perlu membiasakan untuk pemanasan sebelum melakukan olahraga lari.


Lakukan pemanasan setidaknya minimal jalan-jalan kecil terlebih dahulu, jalan ringan, atau naik turun tangga, dan peregangan otot juga dapat Anda lakukan.


3. Pilih Sepatu Lari yang Tepat

Ada beberapa orang yang malah memilih lari dengan menggunakan sepatu atau apapun alas kaki yang dapat mereka gunakan.


Ini menjadi cara yang salah, karena sepatu lari sudah didesain untuk pelari agar dapat lari dengan nyaman dan aman dari cedera.


Sehingga ada beberapa sepatu lari yang dirancang khusus agar mengurangi resiko cedera, dan membuat tekanan saat lari lebih ringan.


4. Mulai dengan Berlari dengan Jarak Pendek Dulu

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pelari pemula adalah karena awal-awal mulai masih semangat, maka dia akan langsung lari dengan jarak jauh.


Maka, kemudian harinya ia akan kapok dan menunda untuk lari lagi, atau bahkan tidak lari lagi. 


Jadi, cara yang benar adalah mulai dahulu dengan berlari dengan jarak pendek terlebih dahulu. Biar lebih terbiasa dengan hal kecil, jadi dapat membuat Anda konsisten kedepannya.


5. Membuat Jadwal Latihan

Ada hal-hal yang sering dianggap tidak penting, salah satunya adalah membuat jadwal latihan. 


Karena dengan cara ini akan membuat Anda lebih konsisten dan melatih napas Anda tiap harinya agar tidak ngos-ngosan.


Anda dapat mencatat hal-hal seperti durasi dan jarak yang Anda tempuh. Kemudian, dapat Anda buat juga jadwal latihan lari kapan saja, dan Anda komitmen akan hal itu.


Maka, itu membantu Anda untuk lebih disiplin dan konsisten.


Agar Anda lebih mudah men-track jarak, hingga durasi Anda lari Anda bisa menggunakan Smart Watch dari Apple Watch SE yang dapat men-track olahraga Anda terutama lari.


Anda dapat membeli smartwatch ini di e-commerce kepercayaan yaitu Blibli. 


Dengan Blibli Anda bisa mendapatkan harga terbaik dengan adanya promo dan diskon potongan harga yang membuat Anda belanja dengan lebih cerdas dan hemat.


Apple Watch SE juga dapat melihat heart rate Anda agar olahraga Anda lebih nyaman dan tahu kapan Anda harus istirahat dan fitur lengkap lainnya.


Langsung saja cek di Blibli dengan download aplikasinya di Play Store atau App Store. (yk/dg)

Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini