Kepala Desa Nanga Kempangai Jahari,S.Sos Bangun Jaringan Internet di Tiap Dusun


BORNEOTRIBUN.COM, MELAWI - Jaman digital saat ini, kebutuhan akan internet seakan menjadi kebutuhan “wajib” diatas kebutuhan lainnya. Jahari, S.Sos, adalah kepala desa Kempangai Kecamatan Ella Hilir Kabupaten Melawi yang sadar akan kepentingan dunia digital terlebih internet untuk menopang kemajuan desa. Hidup di desa bukan menjadi halangan untuk mengenal dan mendalami internet. Jahari, S.Sos terpilih menjadi kepala desa pada Periode 2016 - 2022, Salah satu program unggulannya adalah terpenuhinya akses masyarakat akan internet dan informasi digital, Selasa (28/09/2021).


Berbagai upaya terus dilakukan, pemanfaatan SID, website desa sebagai media informasi dan layanan online terintegrasi terus dioptimalkan. Website Desa upaya menjawab kebutuhan informasi dan pelayanan warga. Perkembangan pelayanan dasar warga kini telah bergeser dari sistem manual ke sistem digital dengan memanfaatkan SID dan teknologi informasi. Pemanfaatan website desa dan media online lainnya menjadi bagian penting pelayanan di desa Kempangai. 



Jahari, S.Sos menyampaikan bahwa dirinya mempunyai mimpi besar agar Desa Kempangai menjadi Desa pintar dan melek teknologi, siap dengan Pegiringan Smart Village “Harapan kami masyarakat akan semakin melek informasi, teknologi, dan semakin cerdas. Tapi di sisi lain, juga harus berwawasan lingkungan untuk menuju desa mandiri,” ungkap beliau. 


Jahari menjelaskan lebih lanjut “Realisasi dari program yang di canangkan sejak Lama hingga kini adalah pemasangan wifi hotspot untuk akses internet. “kedepannya semua dusun akan tersambung pelayanan secara online untuk melayani warga,” jelasnya. Semua butuh proses serta persiapan yang matang. Selain daya dukung fasilitas kesiapan SDM sangatlah penting guna terwujudnya pegiringan smart Village


Harapan saya, melalui jaringan internet ini, akan memunculkan potensi tersendiri dari warganya khususnya para pemuda warga Desa Kempangai. Misalkan, ke depan dapat menjadi blogger, youtuber, programmer yang handal. Jaringan internet ini, juga dapat diakses dan dinikmati warga Dusun Akam, Dusun Ampalah sedangkan Desa Nanga Kempangai masih Tahap Pengerjaan. Melalui jaringan internet ini, maka masyarakat di Tiga Dusun ini dapat dengan mudah berinteraksi secara virtual atau online,” ujar Kepala Desa Nanga Kempangai Jahari.


Penulis : Erik.P

Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini