TAGLINE: #PemkabSanggau #PemkabKetapang #DPRDSekadau

Gubernur KALBAR Sutarmidji, Buka Acara RAKOR Peningkatan Kapasitas Aparatur PEMDES Se-kabupaten Melawi



BORNEOTRIBUN.COM, MELAWI - Pemerintah Kabupaten Melawi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar Rapat Koordinasi Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Se-kabupaten Melawi di gedung Sukiman Center, Selasa (23/11/2021).


Kegiatan rapat kerja Pemerintahan Desa Se-kabupaten Melawi di buka langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji dan dihadiri Bupati Melawi H.Dadi Sunarya UY, Wakil Bupati Melawi Drs. Kluisen, Sekretaris Daerah Drs. Paulus, Ketua DPRD Kabupaten Melawi, Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, Pabung Kodim 1205/Sintang Mayor Inf Edi Winarno, kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Melawi, Para Camat, serta kepala desa peserta undangan Se-kabupaten Melawi.


Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji dalam sambutannya menyampaikan bahwa saya berharap Dana Desa di kelola dengan baik. Aturan desa sangat fleksibel dan terus berubah, maka diperlukan pemahaman dan pelatihan-pelatihan agar tidak terjadi ketinggalan informasi dan aturan terbaru. Ia mengungkapkan saat ia dilantik jadi gubernur, Kalbar baru memiliki satu desa mandiri dan saat itu masih banyak desa sangat tertinggal.


Sutarmidji juga mengingatkan bahwa Ada 54 indikator dalam indeks membangun desa. Kalau semua bekerja sesuai dengan indikator yang ditetapkan maka semua akan baik-baik. 


“Kepala Desa harus berpijak pada aturan yang jelas ketika akan melakukan sesuatu dari Aturan Pusat sampai ke Daerah. Dan ketika membuat kebijakan tidak boleh bertentangan dengan aturan yg berlaku,” tegasnya.


Bupati Kabupaten Melawi H. Dadi Sunarya UY mengatakan Trimakasih atas kunjungan/Kehadiran Gubernur Kalimantan Barat. Status desa di Melawi yakni Desa Mandiri ada 23 desa, Desa Maju ada 25 desa, Berkembang ada 78 desa dan tertinggal ada 43 desa. Pada 2021 diusulkan desa mandiri sebanyak 15 desa. Dadi juga memaparkan dana desa tahun 2021 sebesar Rp 159,4 miliar dan ADD sebesar Rp 60 miliar.


Semoga di adakan kegiatan Rapat Koordinasi Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Se-kabupaten Melawi tahun 2021 ini pemerintahan desa akan berjalan dengan lancar, tutup Bupati Melawi.


Penulis : Erik.P

Tinggalkan Komentar

Back Next