PEMDES Belonsat, RSUD Pratama dan Polsek Belimbing Sukseskan Vaksinasi Tahap Ke Dua



BORNEOTRIBUN.COM, MELAWI - Demi mempercepat Herd Immunity, Pemerintah Desa Belonsat Gelar Vaksinasi Tahap ke Dua kepada masyarakat umum dan pelajar, yang bertempat di Aula Kantor Desa Belonsat Kecamatan Belimbing Kabupaten Melawi, Rabu (24/11/2021).


Kesuksesan Vaksinasi bagi warga desa Belonsat berkat kerja keras dari Ketua TP-PKK Desa Belonsat Ibu Saldiah, " Vaksinasi Jenis Sinovac hari ini mencapai 300 Dosis, dan warga Desa Belonsat yang telah di vaksin mencapai 92 %. Dia mengatakan dalam pelaksanaan vaksinasi pihaknya tetap berpedoman pada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan, termasuk dalam penerapan protokol kesehatan (prokes) penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).


"Kami tidak ingin mengambil risiko yang tidak diharapkan, sehingga dalam melaksanakan vaksinasi lebih-lebih untuk lansia, selain menerapkan prokes COVID-19, penerima vaksin juga diharuskan melalui tahapan-tahapan yang sudah ditetapkan," tandasnya.


Lebih lanjut, dia menjelaskan beberapa tahapan yang harus dan atau wajib dilalui penerima vaksin di antaranya pendaftaran (pencatatan), screening (pemeriksaan kesehatan), penyuntikan vaksin, dan observasi.


"Sebelum dilakukan vaksinasi terlebih dahulu diperiksa kondisi kesehatannya, meliputi pemeriksaan suhu tubuh, tensi darah, dan pemeriksaan penyakit dalam lainnya yang memungkinkan tidak dilakukannya pemberian vaksin," ungkapnya.


"Setelah penyuntikan vaksin pun, penerima Vaksin Sinovac harus diobservasi selama 30 menit, untuk memastikan bahwa vaksin yang disuntikkan, tidak memiliki dampak tidak baik terhadap penerimanya," pungkasnya.


Kepala Desa Belonsat Supinus Enteng mengucapkan terimakasih kepada Team Vaksinasi dari RSUD PRATAMA Batu Buil, Polsek Belimbing, Perangkat Desa yang telah mensukseskan vaksinasi di Desa Belonsat. 


Supinus Enteng juga mengatakan bahwa saat ini Desa Belonsat akan menempati Kantor Desa Baru, dan akan di resmikan sekitar Bulan Februari tahun depan.


Kapolsek Belimbing AKP Nono Partoyuwono mengatakan bahwa pencapaian vaksinasi di desa Belonsat bisa melebihi data yang ada, karena Sebahagian warga ada yang vaksin di luar dan tidak di data. 


Terimakasih saya ucapkan kepada Dinas Kesehatan Melawi, RSUD PRATAMA Batu Buil, Kepala Desa, serta Perangkat Desa yang telah bekerjasama mensukseskan program Vaksinasi di kabupaten Melawi, ucap Kapolsek.


Barjono, warga Desa Belonsat yang telah di Vaksin mengatakan Terimakasih Kepada RSUD PRATAMA Batu Buil, Polsek Belimbing dan Kepala Desa Belonsat yang telah memberikan dan memfasilitasi vaksinasi bagi kami warga masyarakat.


Penulis: Erik.P

Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini