TAGLINE: #PemkabMelawi #TNI-POLRI

Pemerintah Kabupaten Melawi Berkomitmen Turunkan Angka Stunting

Pemerintah Kabupaten Melawi Berkomitmen Turunkan Angka Stunting
Pemerintah Kabupaten Melawi Berkomitmen Turunkan Angka Stunting. 


BORNEOTRIBUN.COM, MELAWI - Dalam upaya menanggulangi percepatan penurunan Stunting di Kabupaten Melawi, Pemerintah Kabupaten Melawi melakukan rapat Pertemuan publikasi Stunting Kabupaten Melawi di Aula Hotel Cantika, Rabu (17/11/2021). 


Wakil Bupati Kabupaten Melawi Drs.Kluisen, membuka Pertemuan dan menyampaikan permasalahan stunting telah menjadi agenda nasional. Stunting adalah Masalah kurang gizi kronis disebabkan oleh Kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama.


Dalam sambutannya Wakil Bupati Drs.Kluisen melanjutkan bahwa Menurut data Terakhir E-PPGM tahun 2020 Angka Stunting di kabupaten Melawi Masih berada Pada urutan tertinggi dari 14 kabupaten di provinsi Kalimantan Barat yaitu sebesar 36,27%. 


Oleh karena itu, Wakil Bupati mengharapkan agar tingkat prevalensi tersebut perlu segera diatasi baik melalui koordinasi antar sektor yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan baik pemerintah, dunia usaha, masyarakat umum dan stakeholder lainnya sehingga dapat bersinergi dan bersatu dalam upaya penanggulangan stunting khususnya di Kabupaten Melawi.


Kepala Bidang Kesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi Hj.Jaimah,SKM menjelaskan Publikasi Stunting diselenggarakan setelah pengukuran Berat badan dan tinggi badan dilaksanakan pada skala Puskesmas, Kecamatan dan Desa. Setelah itu Dinas Kesehatan Akan mengolah data dari 

Hasil pengukuran tersebut. 


Hendri Hadad, SKM, M.Kes Narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Menjelaskan penurunan angka Stunting dapat dijadikan Sebagai salah satu Alat ukur daerah, Dalam meningkatkan IPM ( Indeks Pembangunan Manusia ) disuatu daerah. Sehingga dengan adanya Publikasi Stunting ini. Diharapkan kegiatan ini dapat menumbuhkan dan meningkatkan semangat kita semua Untuk mendorong dan mendukung penurunan Angka Stunting di kabupaten Melawi.


Kegiatan dihadiri oleh Wakil Bupati Melawi Drs. Kluisen, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Ny. Rima Pramita, S.KM.,MM, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Hendri Hadad, SKM, M.Kes, Manager area Program Wahana Visi Indonesia Melawi - Sintang Margaretta Siregar, Kadis Kesehatan dr. Ahmad Jawahir, Para Camat Se-kabupaten Melawi, Kepala Puskesmas Se-kabupaten Melawi.


Penulis : Erik.P



Tinggalkan Komentar

Back Next