TAGLINE: #PemkabSanggau #PemkabKetapang #DPRDSekadau

Giat Vaksinasi Covid-19 di Kantor Desa Menunuk Bersama Puskesmas Pemuar, Tim Denkesyah, TNI-POLRI



BORNEOTRIBUN.COM, MELAWI - Pemerintah Desa Menunuk bersama petugas kesehatan dari Puskesmas Pemuar dan Tim Denkesyah Sintang serta Koramil 1205-16/Belimbing dan Polsek Belimbing menggelar vaksinasi Covid-19 di Aula Kantor Desa Menunuk Kecamatan Belimbing Kabupaten Melawi, Jumat (03/12/2021).


Kepala Desa Menunuk Saiful, mengatakan Terimakasih saya ucapkan atas kerjasamanya Untuk Pemerintah Kabupaten Melawi, TNI-POLRI dan Dinas Kesehatan yang mendukung suksesnya Vaksinasi di desa kami. 


Sebelumnya sudah banyak warga Desa Menunuk yang di vaksin Covid-19. Meskipun sudah banyak warga yang telah melakukan vaksinasinasi, Pemerintah Desa Menunuk tetap mendorong seluruh masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Vaksin bersama, penerapan disiplin 3M Memakai Masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, ucap Saiful.




Ketua Tim DANKESYAH Sintang dr. Agung menjelaskan kami dari Tim Denkesyah Sintang membantu Puskesmas Pemuar dalam melaksanakan giat vaksin di desa Menunuk Vaksinasi Dosis pertama. Antusias Masyarakat terhadap vaksinasi ini sangat bagus, semua Berjalan dengan Lancar.


Babinsa Koramil 16/Belimbing Kopda R. Simatupang mengatakan jumlah warga yang di vaksin berjumlah 169 dosis warga desa yang menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama jenis Sinovac tersebut berjalan dengan aman dan terkendali. Bahwa Pada pukul 08.00 wib kegiatan vaksinasi covid-19 di laksanakan, penyuntikan dilaksanakan kepada warga secara bergantian sesuai nomor urutan, serta tetap fokus mematuhi prosedur kesehatan (prokes) covid-19.


Babinkamtibmas Polsek Belimbing Bripka Endrianto mengatakan dengan adanya vaksinasi ini kita bisa menjangkau ke pelosok desa wilayah Polsek Belimbing. Polsek Belimbing mengucapkan terimakasih atas kerjasama Kepada Pemdes Menunuk, TNI dan Puskesmas Pemuar dalam rangka mensukseskan Vaksinasi ini.


Kepala Puskesmas Pemuar Kresensia Erlina, S.KM, diwakili oleh Yeni menjelaskan bahwa Target yang diberikan dinas kesehatan 500 dosis. Pemberian vaksin ini melalui beberapa tahapan. Pertama, masyarakat melakukan registrasi di meja pendaftaran dengan mengisi data-data yang diperlukan. Kedua, screening yaitu berupa riwayat kesehatan masing-masing setelah itu akan diperiksa suhu, tensi, kadar gula dan juga keluhan-keluhan lainnya. Apabila ditemukan warga yang memiliki suhu tubuh, tensi, ataupun kadar gula di atas normal maka pemberian vaksin ditunda sampai normal kembali. Ketiga, warga yang lolos screening akan divaksin. Keempat, observasi. Warga yang sudah divaksin diminta untuk tetap ditempat untuk observasi yang bertujuan untuk melihat apakah ada gejala atau tidak setelah divaksin.


Tidak hanya melakukan Vaksin di kantor desa kami juga melakukan vaksinasi di rumah warga. Dikarenakan warga tidak bisa berjalan, kami bersama TNI-POLRI jemput bola untuk melakukan vaksinasi, ungkap Tenaga kesehatan dari Puskesmas Pemuar.


Turut Hadir dalam kegiatan Vaksinasi Kepala Desa Menunuk Saiful, Perangkat Desa Menunuk, Babinsa Koramil 16/ Belimbing Kopda R. Simatupang, Babinkamtibmas Polsek Belimbing Bripka Endrianto, Tim Denkesyah Sintang 4 Personil, Tim Puskesmas Pemuar 8 Personil serta Warga Desa Menunuk yang di vaksin.


Penulis : Erik.P



Tinggalkan Komentar

Back Next