TAGLINE: #PemkabMelawi #TNI-POLRI

Wahana Visi Indonesia, Forum Anak Kabupaten Melawi Serta Tagana Melakukan Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana dan Promosi Hygiene



BORNEOTRIBUN.COM, MELAWI - Forum anak Kabupaten Melawi Bersama Wahana Visi melakukan pelatihan kesiapsiagaan bencana dan promosi hygiene khususnya terkait managemen kebersihan menstruasi di Aula Hotel Rajawali Nanga Pinoh, Kamis (30/12/2021).


Diterangkan oleh koordinator Tagana Kabupaten Melawi Adang Wahyudi, sebagai Narasumber mengatakan tentang apa saja yang bisa dilakukan saat bencana termasuk menjelaskan apa peran dan fungsi dari Taruna Siaga Bencana (TAGANA). 


Saya memberikan edukasi, pengenalan mengenai mitigasi bencana. Apa itu bencana, bagaimana menghadapinya, bagaimana mengatasinya dan seperti apa kalau terjadi bencana, apa yang harus kita lakukan. Nah itu yang kami sampaikan kepada anak-anak sekolah yang tergabung dalam Forum Anak Kabupaten Melawi,” ucap Adang Wahyudi.


Rika oktaviana sebagai fasilitator sesi managemen kebersihan menstruasi dari Wahana Visi Indonesia menyampaikan bahwa penting untuk memberikan Edukasi kepada anak remaja baik laki-laki Maupun perempuan untuk memahami tentang managemen kebersihan menstruasi supaya bisa memiliki pemahaman yang benar. 




Dampak yang terjadi bila tidak menjaga kebersihan saat menstruasi akan rentan terjadi infeksi saluran kencing, infeksi saluran reproduksi, dan iritasi pada kulit, ucap Rika oktaviana.


Wahana visi Indonesia area Melawi melakukan program tanggap bencana periode November 2021 sampai dengan januari 2022 dan kegiatan hari ini merupakan bagian dari pemulihan pasca bencana banjir dimana anak juga perlu mendapat pengetahuan tentang kesiapsiagaan bencana serta promosi hygiene sehingga bisa mempraktekkan pengetahuan yang didapat bahkan kembali menyampaikan kepada anak-anak lainnya, ujar Rika oktaviana.


Ketua Forum Anak Kabupaten Melawi Eka prilia saragih, dalam sambutannya menyampaikan bahwa forum anak sebagai wadah partisipasi anak perlu juga mengetahui tentang kesiapsiagaan bencana dan promosi hygiene sehingga kami juga bisa menjadi pendidik sebaya bagi anak yang lain termasuk kembali menyampaikan apa yang kami dapatkan dari pertemuan ini kepada anak yang lainnya. 


Nabila anggota Forum Anak Kabupaten Melawi menyampaikan rasa senang bisa hadir dalam pertemuan hari ini dan semakin menambah pengetahuan mereka sebagai anggota forum anak. 

Semoga melalui kegiatan ini Forum anak bisa menjadi preducater bagi sesama anak dalam pengetahuan tentang kesiapsiagaan bencana dan bagaimana terus menjaga kebersihan.


Penulis : Erik.P

Tinggalkan Komentar

Back Next