Tips Aman dan Nyaman Mudik ke Kampung Halaman

Sumber gambar: https://www.freepik.com/free-vector/happy-family-travelling-by-car-with-camping-equipment-top_11235510.htm#query=mudik&position=2&from_view=search&track=sph.
Borneotribun.com - Mudik sudah menjadi salah satu budaya dan tradisi di Indonesia. Menjelang hari Raya Idul Fitri, biasanya hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia berpelesir memanfaatkan hari libur dengan mengunjungi keluarga yang ada di luar kota.

Namun, dalam melaksanakan mudik, tentu saja harus mempertimbangkan beberapa hal, khususnya bagi Anda yang mudik dengan kendaraan pribadi. Tetapi selain kendaraan, masih ada beragam tips lainnya agar Anda bisa menjalankan mudik dengan aman dan nyaman. Semua tips tersebut telah kami rangkum dalam artikel berikut ini.

Agar Mudik Aman dan Nyaman, Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini

Sumber gambar: https://www.freepik.com/free-vector/family-road-trip-children-parents-packing-car-vacation-travel-holiday-automobile-voyage_24023280.htm#query=mudik&position=37&from_view=search&track=sph.

1. Pilih Transportasi yang Sesuai dengan Kebutuhan


Banyak opsi untuk melakukan perjalanan mudik. Anda bisa menggunakan transportasi umum melalui jalur darat, udara, dan laut. Untuk yang memilih opsi kendaraan umum maka pastikan untuk membeli tiketnya jauh-jauh hari agar tidak kehabisan.

Selain kendaraan umum, tak jarang banyak pemudik yang membawa kendaraan pribadi. Khusus untuk pengguna kendaraan pribadi, sebaiknya periksa kesehatan kendaraan terlebih dahulu.

Pastikan semua spare part dan fitur keamanan yang ada di kendaraan bisa berjalan dan berfungsi dengan baik.

2. Pilih Waktu Mudik yang Tepat


Banyaknya masyarakat yang berbondong-bondong melakukan kegiatan mudik, tidak heran jika membuat jalanan menjadi lebih padat. Untuk itu, agar tidak terjebak kemacetan, Anda harus memilih waktu mudik yang tepat. Apabila Anda sudah mengambil hari libur sebelum hari H lebaran, sebaiknya segera berangkat mudik untuk menghindari macet di hari H atau H-1 lebaran.

3. Bawa Bekal Perlengkapan Secukupnya


Tips satu ini bisa diterapkan oleh pemudik dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Tidak disarankan membawa banyak barang karena akan menyulitkan pemudik. Pilihlah barang yang hanya dibutuhkan, kalau perlu buatlah daftar khusus barang-barang yang harus dibawa agar lebih praktis dan ringkas.

4. Persiapkan Kondisi Badan

Biasanya mudik dilakukan di hari puasa untuk mengejar hari H lebaran bersama keluarga. Oleh karenanya, bagi Anda yang berpuasa sebaiknya jaga kebugaran badan agar selama perjalanan mudik selalu tetap sehat. Usahakan selalu mengonsumsi asupan bergizi, dan jika perlu konsumsi vitamin untuk menambah imun. Selain itu, istirahat yang cukup juga akan membantu Anda dalam menjaga kondisi badan tetap sehat.

5. Pastikan Mempelajari Rute Mudik


Mungkin hal ini tidak berlaku untuk pemudik kendaraan umum, tapi tips ini wajib dipertimbangkan oleh para pemudik yang membawa kendaraan pribadi. Ada baiknya, Anda memahami rute perjalanan ke tempat tujuan. 

Caranya gampang, silakan buka GPS untuk meneliti rute perjalanannya. Perhatikan setiap titik rutenya, seperti tempat istirahat, pom bensin, kondisi jalan, hingga letak posko. Jika sudah memahami rutenya, Anda bisa melakukan mudik dengan lebih mudah dan aman.

Mudik memang menjadi momen yang paling banyak dinantikan oleh sebagian besar warga Indonesia. Dalam menjalankan mudik, banyak hal yang harus dipertimbangkan, dan kelima tips di atas akan membantu Anda untuk mudik yang lebih aman dan nyaman.

Memang ada beberapa barang yang perlu dibawa saat mudik, Anda bisa mendapatkannya di e-commerce tanpa harus ke luar rumah. Salah satu e-commerce terlengkap dan terpercaya dalam menjual produk lebaran adalah Blibli.

Kebetulan, Blibli sedang melakukan promo April untuk konsumennya. Anda bisa dapatkan barang-barang kebutuhan mudik dengan diskon yang menggiurkan. Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan voucher gratis ongkir ke seluruh Indonesia!

Barang yang direkomendasikan Blibli pada promo kali ini sangat beragam, ada gadget, kerudung, pakaian, makanan, hampers, dan masih banyak lagi. Cocok untuk dijadikan oleh-oleh atau persiapan mudik. Yuk, segera buru diskon promosi april dari Blibli!
Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini