6 Fakta Menarik Tentang Baju Overall

6 Fakta Menarik Tentang Baju Overall
6 Fakta Menarik Tentang Baju Overall. (Sumber Foto: Pexels.com)
BORNEOTRIBUN.COM - Baju overall atau yang biasa disebut baju kodok termasuk salah satu jenis fashion item yang tak lekang dimakan waktu. Meski baju ini mulai trend sekitar tahun 

1990-an, namun sampai saat ini baju overall tetap menjadi pilihan sebagian orang untuk dikenakan pada waktu-waktu tertentu. 

Baju overall sendiri memiliki desain yang dibuat dari celana atau rok yang disambungkan dengan bagian atas menyerupai apron di bagian dada dan punggung yang digabungkan dengan 2 tali menjulur di atas bahu. 

Model baju overall juga cukup beragam, ada yang polos ataupun bermotif dengan berbahan jeans atau material kain lainnya dengan berbagai gaya mulai dengan bawahan berupa rok panjang atau pendek, celana panjang atau pendek sampai ke overall untuk pakaian muslimah.

6 Fakta Menarik Baju Overall

Baju overall ternyata memiliki fakta tersendiri yang menarik untuk diketahui. Pertama kali tebar saat dikenakan oleh seorang karyawan di Inggris, saat itu baju overall banyak digunakan oleh para teknisi sebagai baju pelindung penutup badan sisi luar untuk melindungi mereka dari percikan api selama bekerja. Dan perlahan baju ini pun mulai dikenakan oleh para wanita Inggris saat bekerja di pabrik pada tahun 1965.

Lalu pada tahun 1750, di Amerika Serikat baju overall mulai berfungsi sebagai baju perlindungan bagi beberapa karyawan yang memiliki tugas berat di lapangan contohnya para petani, pekerja lapangan, dan karyawan bangunan dan jalan. 

Seiring waktu, baju overall pun mulai dikenakan untuk suasana kasual ataupun santai. Dan berikut ini penjelasan tentang fakta baju overall yang menarik untuk diketahui yaitu :

1. Pertama kali baju overall dibuat

Awalnya baju overall dibuat dengan tujuan sebagai baju pelindung untuk para pekerja. Saat itu di tahun 1960-an, baju overall sering dipakai oleh beberapa teknisi atau pakar mesin dan juga karyawan pertukangan sebagai baju perlindungan dari bintik atau percikan api saat bekerja.

2. Peralihan fungsi baju overall

Dari yang awalnya berfungsi sebagai baju kerja, namun pada tahun 70-an overall beralih fungsi menjadi tren baru di dunia fashion.

3. Meningkatnya popularitas overall

Kepopuleran baju overall makin meningkat pada akhir tahun 90-an. Saat itu pula baju overall mulai beralih menjadi item fashion dengan gaya kasual dan santai.

4. Design baju overall

Baju overall memiliki desain tanpa lengan karena itulah pemakaiannya pun selalu dibarengi dengan baju dalaman misalnya berupa kaos oblong, crop, baju lengan pendek maupun panjang. Karena desainnya inilah membuat overall lebih cocok untuk dipakai untuk suasana kasual ataupun santai. 

5. Perubahan mode overall

Semenjak peralihannya dari baju pelindung kerja menjadi salah satu item fashion, baju overall telah mengalami banyak perubahan design. Pada awalnya desain baju overall dibuat cenderung monoton berupa celana panjang yang umumnya terbuat dari bahan denim yang kuat dan tebal. Namun saat ini baju overall telah memiliki desain lebih dinamis. Selain berbentuk celana panjang, overall juga dikreasikan menjadi rok pendek, rok panjang bahkan celana pendek. 

6. Perubahan material pembuat overall

Saat overall berfungsi sebagai baju pelindung para pekerja, rata-rata baju overall dibuat menggunakan bahan denim yang tebal dan kuat. Namun sekarang baju overall diproduksi dengan menggunakan berbagai jenis kain seperti dari kain corduroy, bahan kulit, kain twill,  katun flanel, dan juga kain printed fabric.

Itulah ulasan mengenai asal-usul dan fakta menarik tentang baju overall. Sampai saat ini baju overall terus berkembang menjadi lebih variatif dari segi bahan dan desain. Saat inipun baju overall memiliki desain lain berupa outfit overall jumpsuit yang memiliki desain kekinian dengan aneka warna dan motif menarik.

Tertarik untuk memiliki Overal Jumpsuit pertama Anda? 

Untuk berbelanja lebih praktis dan mudah, Anda bisa melihat-lihat lebih dahulu aneka jenis overall jumpsuit yang ada di Blibli. Tersedia aneka overall jumpsuit untuk anak-anak, remaja hingga dewasa. Dapatkan pula beragam promo harga dan cashback serta voucher gratis ongkir berkali-kali untuk semua kebutuhan Anda di Blibli.
Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini