TAGLINE: #PemkabMelawi #TNI-POLRI

Puskesmas Menggala Lakukan Swab PCR Secara Door To Door Ke Rumah Warga


BORNEOTRIBUN.COM, MELAWI - Puskesmas Menggala, Kecamatan Pinoh Selatan, melakukan layanan jemput bola tes swab ke rumah warga, Sabtu (17/07/2021).


Hal ini dilakukan karena ditenggarai masih ada warga yang terpapar Covid-19. Puskesmas Manggala melakukan Swab PCR bagi warga yang bergejala dan ada kontak erat dengan warga yang positif covid-19, dari hasil swab antigen tgl 15 Juli 2021 terdapat 9 warga yang positif swab antigen, maka tgl 16 juli langsung dilakukan swab PCR.


Dengan menggunakan alat pelindung diri (APD), para petugas dari Puskesmas Menggala dengan mendatangi satu orang rumah warga yang namanya telah terdata dari puskesmas.


Kepala Puskesmas Manggala, Drg Rahmad S mengatakan, aksi jemput bola ini dilakukan agar proses penanganannya lebih cepat. Karena banyaknya pasien yang harus diswab, Team pun turun tangan membantu mengambil swab.


Iya, itu dalam kegiatan testing pasien yang suspek Covid-19 dan kontak erat dari pasien yang sudah terkonfirmasi Covid-19. Karena analis hanya satu Team turun tangan yang ambil swab PCR Warga dan kalau menunggu mereka datang ke puskesmas waktunya akan lama,"ucap dia.


Belum lagi ada alasan warga tidak datang makanya kita yang langsung mendatangi mereka ke rumahnya untuk tes swab,”ujar sang dokter.


Disampaikan lagi, kegiatan ini akan dilakukan secara door to door guna memeriksa kondisi kesehatan yang meliputi pengecekan suhu tubuh, gejala dan saturasi oksigen serta memberikan obat-obatan juga masker.


Prinsip penanganan Covid-19 di tingkat puskesmas itu adalah 3T yaitu tracing, testing dan treatment.


Selama pemantauan masyarakat ada yang mematuhi protokol kesehatan tapi masih ada beberapa yang tidak percaya adanya Virus Corona ini. Oleh karena itu, saya mengajak masyarakat untuk selalu disiplin melakukan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari dan keramaian serta mengurangi mobilitas ke perkotaan,”ucap dia menegaskan.


"Terakhir, kepada warga yang sudah menjalani tes diharapkan selama menunggu tes, tetap menjalani isolasi mandiri di rumah dan tetap memberlakukan protokol kesehatan," tukas dia.


Penulis : Erik.P

Tinggalkan Komentar

Back Next